Sabtu, 04 Februari 2017

Pudarnya Semangat Nasioanlisme dan Patriotisme yang Harus dipupuk Kembali



Pudarnya Semangat Nasionalisme dan Patriotisme yang Harus dipupuk Kembali

Hasil gambar untuk pudarnya rasa nasionalisme dan patriotisme dikalangan generasi muda

Bangsa Indonesia lahir sebagai negara yang merdeka dengan cara yang heroik dengan merebut kemerdekaan dari para penjajah, para pemuda pada zaman kolonialisme bersusah payah dengan mempertaruhkan nyawa. Mereka rela berkorban apa saja demi membebaskan negeri ini dari kekuasaan penjajah. Hal ini dilakukan oleh mereka dengan penuh rasa nasionalisme dan patriotisme tinggi dan mencapai puncaknya pada Kongres Pemuda II yang menghasilkan Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928. Nasionalisme sangat penting terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara karena merupakan wujud kecintaan dan kehormatan terhadap bangsa sendiri
Dengan hal itu, pemuda dapat melakukan sesuatu yang terbaik bagi bangsanya, menjaga keutuhan persatuan bangsa, dan meningkatkan martabat bangsa dihadapan dunia. Patriotisme juga sangat penting, karena patriotisme adalah sikap rela mengorbankan tenaga, harta benda, dan yang lainnya demi bangsa Indonesia. Dengan sikap patriotism, bangsa Indonesia dapat menjadi Negara yang kuat dan tidak mudah untuk ditaklukan. 
Oleh karena itu, peran para generaasi muda sangatlah penting unutuk keberlangsungan masa depan bangsa, karena ditangan merekalah benih-benih kejayaaan dapat terwujud untuk mencapai cita-cita bangsa yang selamaa ini di idam-idamkan oleh banyak kalangan dari generasi ke generasi untuk negara kita yang tercinta ini.
pernah terdengar dan terbesit ditelinga bahwa negera kita yang tercinta ini akan mengalami zaman keemasan untuk para generasi mudanya yakni dimana usia rakyat indonesia yang berusia muda mengalami kenaikan yang signifikan.
Hal ini sangat penting untuk membangkitkan kembali rasa nasionalisme dan patriotisme yang dirasa mulai pudar dikalangan generasi muda yang dirasa sudah mulai memudar. 
Pelatihan sikap nasioanlisme dan patriotisme bisa dkembangkan sejak dini kepada putra-putri bangsa kita, yakni dapat melalui kegiata-kegiatan di sekolah seperti upacara bendera, mata pelajaran pancasila, ekskul dan lain-lain. juga dapat melalui kegiatan diluar sekolah seperti dilingkungan keluarga dan masyarakat yakni dengan penerapan norma yang dapat mengacu terhadap sikap nasionalime dan patriotisme.
Namun, fenomena yang kita lihat sekarang adalah seiring perkembangan zaman rasa patriotisme dan nasionalisme mulai memudar khususnya dikalangan para generasi muda hingga ke tahap yang memprihatinkan sebagai akibat dari globalisasi yang semakin mengeruk kebudayaan bangsa. Dalam hal ini misalnya, degradasi moral, pembodohan budaya sendiri, dan lain sebagainya. Para ahli pun sangat miris dengan hal ini.
Lalu apa yang bisa kita lakukan selain pemaparan solusi diatas ?
Peran kita sebagai warga negara haruslah selalu mendukung setiap perubahan untuk meningkatkan rasa naisionaslime dan patriotisme dikalangan generasi muda yang dicangkan oleh pemerintah indonesia. karena bangsa yang hebat adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan bangsanya bukan pahlawan bangsa lain.

0 komentar:

Posting Komentar